Selasa, 21 Juli 2009

SILABUS PKn XI SMA N 1 LAKBOK

SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 LAKBOK
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / 1
Program : Ilmu Alam dan Ilmu Sosial
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
Alokasi Waktu : 12x 45 ’
kOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik







· Mendeskripsikan pengertian budaya politik
· Mengidentifikasikan ciri-ciri budaya politik
· Mendeskripsikan macam-macam budaya politik
· Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya
· Mengidentifikasi perkembangan budaya politik
Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat
Budaya Politik
o Pengertian Budaya Politik
o Ciri-ciri budaya politik
o Macam-macam budaya politik
o faktor penyebab berkembangnya budaya politik di suatu daerah
o Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat

Tatap muka
- Menjelaskan pengertian budaya politik
- Mengemukakan penyebeb berkembangnya budaya politik
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan budaya politik dan perkembangannya dalam masyarakat
Tugas mandiri
- Membut hasil laporan budaya politik dalam masyarakat


o Jenis tagihan : tes (tugas kelompok’individu
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)



2 X 45’










Pendidikan Kewarganegaraan:

1.2 Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia




· Mendeskripsikan tipe-tipe budaya politik
· Mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
o Menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku
Tipe-tipe budaya politik
o Macam-macam tipologi budaya politik
o Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang berlaku

Tatap muka
- Menyebutkan tipe-tipe budaya politik dan menjelaskan dampak perkembangannya
Tugas terstruktur
- Merangkum materi
Tugas mandiri
- LKS

o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya )
o Bentuk tagihan :Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, dan bentuk lainnya)

4 X 45’









Rusadi Kantaprawira, (1999), Sistem politik Indonesia suatu pengantar, Bandung

1.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik







o Mendeskripsikan makna sosialisasi kesadaran politik
o Menguraikan mekanisme sosialisasi pengembangan budaya politik
o Mengidentifikasi fungsi partai politik
Sosialisasi budaya politik
o Makna sosialisasi kesadaran politik
o Mekanisme sosialisasi budaya politik
o Fungsi dan peranan partai politik

Tatap muka
- Menjelaskan pengertian sosialisasi budaya politik
- Menyebutkan fungsi dan peranannya
Tugas terstruktur
- Menyampaikan isi materi yang telah disampaikan
Tugas mandiri
- Mencari artikel

o Jenis tagihan : tes (tugas kelompok/ individu, )
o Bentuk tagihan :Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, dan bentuk lainnya)


4 X 45’












Mass media baik cetak maupun elektronik
Buku Paket yang relevan




1.4 Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
o Mendeskripsikan bentuk-bentuk budaya politik berserta contohnya
o Menunjukkan budaya politik yang sesuai dan bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
o Memberikan contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
o Mendemonstrasikan budaya politik partisipan
budaya politik partisipan
o Bentuk- bentuk budaya politik partisipan
o budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
o contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat
Tatap muka
- Mengidentifikasi budaya politik partisipan
- Menyebutkan contoh budaya politik dalam masyarakat
Tugas terstruktur
- Merangkum materi
Tugas mandiri
- Membuat kliping


o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
2 X 45’
Mass media baik cetak maupun elektronik
Buku Paket yang relevan












Standar Kompetensi : 2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Alokasi Waktu : 12x45

kOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
2.1 Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi












o Menjelaskan perbedaan antara demokrasi liberal, komunis dan demokrasi Pancasila
o Mendeskripsikan prinsip- prinsip demokrasi
o Menjelaskan makna budaya demokrasi
o Menjelaskan tentang prinsip budaya politik

pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
o Macam- macam demokrasi
o Prinsip- prinsip demokrasi
o Pengertian Budaya demokrasi
o Prinsip- prinsip budaya demokrasi

Tatap muka
- Menyebutkan prinsip-prinsip budaya demokrasi
- Menjelaskan budaya demokrasi
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan budaya demokrasi
Tugas mandiri
- LKS

o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)










4 X 45’
















Buku paket yang relevan












2.2 Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani









· Mendeskripsikan pengertian masyarakat madani
· Mengidentifikasikan ciri- ciri masyarakat madani
· Menjelaskan proses menuju masyarakat madani
· Menguraikan kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani
· Menjelaskan upaya mengatasi kendala yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani


Masyarakat madani
o Pengertian masyarakat madani (civil society)
o Ciri-ciri masyarakat madani
o Proses menuju masyarakat madani
o kendala yang dihadapi dan upaya mengatasinya bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat madani




Tatap muka
- Menjelaskan pengertian masyarakat madani
- Menyebutkan ciri-ciri masyarakat madani (civil society)
Tugas terstruktur
- Meringkas materi masyarakat madani
Tugas mandiri
- LKS
· Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
· Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)




2 X 45’
















Pendidikan Kewarganegaraan: Demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani.













2.3 Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi











· Menguraikan prinsip demokrasi Pancasila
· Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba dan orde reformasi
· Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla, orba maupun orde reformasi
· Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
· Mendemostrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya




Demokrasi di Indonesia
o Prinsip- prinsip demokrasi Pancasila
o Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
o Pemilihan Umum (Pemilu)
- Pengertian Pemilu
- tujuan pemilu
- Prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Pemilihan umum

Tatap muka
- Mengidentifikasi pelaksanaan demokrasi di indonesia
- Membandingkan demokrasi di indonesia pada masa orla,orba dan orde revormasi
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan pelaksanaan demokrasi
- Menyimpulkan materi
Tugas mandiri
- Membuat makalah

o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o Presentasi




2 X 45’
















Perkembangan sistem pemerintahan di Indonesia
Pengkianatan demokrasi ala Orde Baru

Media cetak











2.4 Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

· Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
· Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat


Perilaku yang mendukung terhadap tegaknya prinsip- prinsip demokrasi

Tatap muka
- Menjelaskan perilaku budaya demokrasi
Tugas terstruktur
- Menuliskan pokok-pokok perilaku budaya demokrasi
Tugas mandiri
- Membuat makalah

o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)



4 X 45’

Kasus yang terjadi di masyarakat
Media cetak/elektronika




















Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Alokasi Waktu : 10 x 45 ’

kOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
3.1 Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


















3.2 Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan







· Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
· Mengidentifikasikan macam-macam keadilan
Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Mengidentifikasikan ciri-ciri keterbukaan
- Memberikan contoh penyelenggaraan pemerintahan yang transparan
- Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
- Mengidentifikasi fasktor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

Keterbukaan dan keadilan
o Pengertian keterbukaan dan keadilan
o Macam-macam keadilan
o Makna keterbu-kaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
o Ciri-ciri keter-
o Bukaan














Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
o Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan


Tatap muka
- Menjelaskan keterbukaan dan keadilan
- Menyebutkan macam-macam keadilan
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan keterbukaan dan keadilan
Tugas mandiri
- LKS


o Jenis tagihan : tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)












o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)


4 X 45’
































4 X 45’













Buku Paket PKn

Mass media baik cetak maupun elektronika
Kasus yang terjadi di masyarakat



























Buku Paket PMP
Mass media baik cetak maupun elektronika
Kasus yang terjadi di masyarakat



3.3 Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

o Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
o Menganalisis makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
o Memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah, dan masyarakat
o Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Sikap keterbukaan dan keadilan
o Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
o sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


Tatap muka
- Menjelaskan sikap keterbukaan dan keadilan
- Menyebutkan contoh sikap keterbukaan
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan sikap keterbukaan
Tugas mandiri
- Membuat artikel
Jenis tagihan:Tugas individu,kelompok,ulangan harian
Bentuk tagihan:Laporan tertulis,uraian hasil kerja siswa

2 x 45’





Mass media baik cetak maupun elektronika
Kasus yang terjadi di masyarakat


Mengetahui
Lakbok, Juni 2009
Kepala SMA Negeri 1 Lakbok
Guru Pengajar



Drs. Wawan Haryawan.M.Pd
Nina Herlina, S.Pd
NIP. 196303011987031008
NIP. 198307232009012007




SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 LAKBOK
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / 2
Program Studi : Ilmu Alam dan Ilmu Sosial
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
Alokasi Waktu : 14 x 45’

kOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
4.1 Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara




· Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
· Mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antarbangsa
· Menguraikan pentingnya hubungan internasional
· Mengidentifikasi sarana- sarana hubungan internasional
Hubungan Internasional
o Pengertian hubungan internasional
o dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antarbangsa
o Pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara
o sarana-sarana hubungan internasional



Tatap muka
- Mengidentifikasi pengertian hubungan internasional
- Menyebutkan dampak negara yang mengucilkan diri dari pergaulan internasional
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan hubungan internasional
Tugas mandiri
- Mencari berita tentang hubungan internasional

o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Bentuk tagihan :Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, dan bentuk lainnya)



4 X 45’









JBuku paket Pkn




4.2 Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional







· Mendeskripsikan makna perjanjian internasional
· Menjelaskan macam- macam istilah perjanjian internasional
· Menguraikan tahapan perjanjian internasional
· Menjelaskan hal-hal penting dalam ratifikasi perjanjian internasional yang memerlukan persetuan DPR di Indonesia

Perjanjian internasional
o Makna perjanjian internsional
o Istilah – istilah perjanjian internasional
o Tahap-tahap perjanjian internasional


Tatap muka
- Menjelaskan makna perjanjian internasional
- Menyebutkan tahap-tahap perjanjian internasional
Tugas terstruktur
- Menuliskan pokok0pokok perjanjian internasional dan tahapannya
Tugas mandiri
- LKS

o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu, pengamatan dan lainnya)
o Bentuk tagihan :Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, dan bentuk lainnya)


4 X 45











Buku paket Pkn

4.3 Menganalisis fungsi Perwakilan Diplomatik




· Mendeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik
· Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatik
· Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler
· Menganalisis fungsi perwakilan Diplomatik


Perwakilan Diplomatik
o Pengertian perwakilan diplomatik
o Tingkatan perwakilan diplomatik
o Perwakilan konsuler
o Fungsi perwakilan diplomatik



Tatap muka
- Menjelaskan fungsi perwakilan diplomatik
- Menyebutkan tingkatan-tingkatan perwakilan diplomatik
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan perwakilan diplomatik
Tugas mandiri
- Meringkas materi yang telah disampaikan

o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu)
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)




2 X 45










Buku paket Pkn


4.4 Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional





· Mendeskripsikan pengertian Organisasi internasional
· Mengidentifikasikan macam-macam organisasi internasional
· Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
· Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
· Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
· Menjelaskan tujuan ASEAN
· Mendeskripsikan peranan organisasi Internasional dalam meningkatkan hubungan Internasional
Organisasi Internasional
o Pengertian organisasi internasional
o Macam-macam organisasi internasional
o Peranan dan tujuan PBB
o Peranan dan tujuan ASEAN


Tatap muka
- Mengidentifikasdikan peranan organisasi internasional
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan organisasi internasional
Tugas mandiri
- Membuat bagan struktur urganisasi internasional misal PBB
o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu)
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)






2 X 45’














Buku Tata Negara
Media elektronika,bagan struktur PBB








4.5 Menghargai kerja sama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

Mengidentifikasi bentuk kerjasama indonesia dengan negara lain
Menjelaskan manfaat kerjasama antar bangsa
Memberikan contoh perjanjian internasional yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia

Manfaat Kerja sama dan perjanjian internasional
o Bentuk-bentuk kerjasama dan perjanjian Indonesia dengan negara lain

o Hasil-hasil kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia



Tatap muka
- Menjelaskan kerja sama dan perjanjian internasional
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan bentuk-bentuk kerja sama atau perjanjian antara indonesia dengan negara lain
Tugas mandiri
- Mencari berita tentang perjanjian internasional antara indonesia dengan negara lain
o Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu)
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)


2 X 45’
Buku Paket yang relevan
Media cetak maupun elektronika




Standar Kompetensi : 5. Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
Alokasi waktu : 12 x 45 ’

kOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
5.1 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional













· Mengemukakan makna hukum internasional.
· Menjelaskan hakekat hukum internasional
· Menjelaskan asas-asas hukum internasional
· Mengidentifikasikan sumber-sumber hukum internasional
· Mengidentifikasikan subyek-subyek hukum internasional
· Mendeskripsikan peranan lembaga peradilan Internasional
· Mengidentifikasikan kewenangan Mahkamah Internasional
· Mendeskripsikan kendala yang dihadapi Mahkamah Internasional dalam memerankan sebagai lembaga peradilan internasional
Hukum dan peradilan Internasional
o Konsep dasar hukum internasional
o Asas asas hukum internasional
o Sumber-sumber hukum internasional
o Subjek-subjek hukum internasional
o lembaga peradilan Internasional






Tatap muka
- Mengidentifikasi sistem hukum dan peradilan internasional
- Menyebutkan sumber-sumber hukum internasional
Tugas terstruktur
- Mendiskusikan sistem hukum dan peradilan internasional
Tugas mandiri
- LKS
o Jenis tagihan : tes (tugas kelompok/ individu)
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)


4 X 45’








Buku paket Pkn
5.2 Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional











· Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional
· Mengidentifikasikan cara menyelesaikan masalah-masalah (sengketa) internasional
· Memberikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui arbitrase
· Memberikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui konsiliasi

Sengketa Internasional
o Sebab-sebab sengketa internasional
o Cara menyele-saikan masalah-masalah (sengketa) internasional
- Jasa-jasa baik
- Konsiliasi
- Komisi Penye-lidik
- Pewasitan (Arbitrasi)
Mahkamah Internasional


Tatap muka
- Menjelaskan sengketa internasional
- Memberikan contoh kasus sengketa internasional
Tugas terstruktur
- Menuliskan pokok-pokok sengketa internasional
Tugas mandiri
- Mencari artikel tentang sengketa internasional

o Jenis tagihan : tes (tugas kelompok/ individu)
o Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)






4 X 45’















Contoh kasus sengketa internasional





5.3 Menghargai putusan Mahkamah Internasional

· Mendeskripsikan prosedur Mahkamah Internasional dalam penyelesaian masalah internasional
· Mengidentifikasikan sistematika keputusan Mahkamah Internasional
· Menjelaskan dampak suatu negara yang tidak mematuhi keputusan Mahkamah Internasional
o Mendeskripsikan contoh sikap negara yang mematuhi keputusan Mahkamah Internasional
Mahkamah Internasional
o Mekanisme kerja Mahkamah Internasional
o Keputusan Mahkamah Internasional

· Tatap muka
Menjelaskan mahkamah internasional
Menyebutkan tugas dan peran mahkamah internasional
Tugas terstruktur
Mengidentifikasi manfaat mahkamah internasional
Mengumpulkan informasi mahkamah internasional
Tugas mandiri
Membuat rangkuman dan mencari data putusan mahkamah internasional
· Jenis tagihan : (tugas kelompok/ individu)
· Bentuk tagihan:Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)


4 X 45’

Buku Paket yang relevan



Mengetahui
Lakbok, Juni 2009
Kepala SMA Negeri 1 Lakbok
Guru Pengajar



Drs. Wawan Haryawan,M.Pd
Nina Herlina, S.Pd
NIP. 196303011987031008
NIP. 198307232009012007